Tuesday, December 17, 2013

Akhal-Teke adalah jenis kuda asli dari Turkmenistan, Kuda yang juga jadi lambang negara Turkmenistan ini selain berpenampilan penuh kemilau seperti emas, kuda jenis ini juga dikenal cepat, tangguh, serta punya daya tahan hebat untuk medan berat.

Akhal-Teke, Kuda Terindah Di Dunia

Saat ini jumlah kuda Akhal-tekes hanya ada sekitar 3.500 di dunia, terutama di Turkmenistan dan Rusia, meskipun mereka juga ditemukan di seluruh Eropa, Australia, dan Amerika Utara.

Banyak pendapat berkembang mengenai asal-usul kuda emas ini. Salah satu teori menyebut bahwa Akhal-Teke sudah ada sejak ribuan tahun lalu namun disembunyikan oleh suku terpencil di gurun Kara Kum.

Akhal-Teke

Namun ada pula yang mengklaim bahwa kuda jenis ini sudah dipakai saat bangsa Mongol jadi penguasa dunia di abad ketiga belas dan keempat belas.

Sebagai ras unggul, Akhal-Teke terus disilang dengan jenis lain agar menghasilkan keturunan baru dan tidak punah. Kuda emas ini sudah terbukti sangat tangguh, dengan postur atletis maka sering dijadikan kuda olahraga.

Kuda Terindah Di Dunia

Prestasinya tercata pada ajang Grand Prix de Dressage di Olimpiade 1960 di Roma, lalu Olimpiade 1964, serta membantu tim Soviet meraih medali emas pada Olimpiade 1968 di Mexico City.

Source

Categories: , , , , ,

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!